Friday

I.2. Pemahaman & Pengertian EKG

1. Pemahaman yang di maksud disini adalah :


Banyak sekali rekan-rekan perawat yang belum memahami akan peranan dan pentingnya EKG (elektrokardiografi).

Yang kedua adalah persepsi dan pemahaman yang salah tentang EKG (elektrokardiografi), dimana menurut sebagian rekan-rekan perawat EKG hanya bisa dikonsumsi hanya untuk dokter atau spesialis dokter  jantung (cardiologist) serta  dokter atau perawat yang bekerja di ruangan jantung saja seperti ICCU, ICU, telemetry dll. Ingat bro, mempelajari EKG bukan untuk mengalahkan dokter, bukan untuk kenaikan jabatan atau kenaikan gaji, bukan untuk membangkang instruksi dokter TETAPI semuanya hanya karena kita sadar dengan profesi yang kita pilih yaitu profesi perawat. Bagaimana profesi bisa dibilang mitra dokter jika faktanya pengetahuan atau skill medis anda kurang. Disamping itu yang namanya kasus penyakit jantung bisa dijumpai hampir ditiap unit rawat inap. Jadi semuanya tergantung ente bro mau diam di tempat atau ingin berlari....ingin profesi ini lebih baik lagi atau tidak. Masa sudah sekian  abad lebih profesi perawat hanya menjadi SpPE (spesialis perekam ekg) saja.


Yang ketiga adalah sistematika pengajaran EKG (elektrokardiografi) yang kurang pas penyajiannya, dimana rekan-rekan yang sudah mempunyai motivasi bagus untuk belajar EKG masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mencerna ilmu EKG dengan baik dan benar, sehingga apa yang didapatkan dalam akhir pembelajaran atau pelatihan mereka rasakan sia-sia dan bahkan ada kesan peserta dipuaskan oleh selembar sertifikat dan SKP sudah cukup. Ada juga provider yang membuat kotak-kotak dalam pembelajaran EKG yaitu EKG Dasar, EKG  Intermediate dst sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta sangat memberi kesan bahwa EKG sepertinya sulit sekali. Menurut saya dalam mempelajari EKG harus menguasai materi dari A-Z , step by step secara sistematis mulai dari NOL dan setelahnya berikan motivasi ke peserta untuk terus di latih dan berlatih dan bimbingan pasca pelatihan

Di blog ini,
saya ingin mengajak rekan-rekan perawat untuk sama-sama membuka mata dan pikiran dalam memahami ilmu EKG (elektrokardiografi). Sebelumnya saya ingin bertanya, ada berapa jumlah rumah sakit pemerintah dan swasta di Indonesia?Masih adakah rumah sakit yang tidak menggunakan fasilitas EKG? Kalau saya tebak jawaban anda adalah puluhan bahkan ratusan jumlah rumah sakit di Indonesia dan tak satupun yang tidak menggunakan fasilitas EKG. Ini menunjukkan bahwa begitu pentingnya peranan EKG dalam dunia medis. Masa profesi perawat hanya menjadi spesialis perekam EKG saja.

Di era global seperti sekarang ini, dimana setiap rumah sakit baik di dalam maupun di luar negeri saling berpacu dalam meningkatkan pelayanannya dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang memuaskan bagi pasiennnya. Salah satunya adalah perekaman EKG yang mana mesin-mesin EKG ini mulai dari unit gawat darurat, bangsal umum/vip, klinik, ruang operasi, ICU/ICCU,telemetry dan tempat-tempat lainnya dengan mudah anda temukan. Jadi tidaklah benar kalau EKG hanya domainnya dokter atau  hanya sebagian para perawat yang bekerja di ruang jantung.

Apakah anda tidak menyadari kalau sebenarnya kita (profesi perawat ) masih pantas menyandang gelar "ROBOT" atau "PEMBANTU DOKTER", kenapa demikian? Okelah kalau tidak mau dibilang seperti itu , jadi saya ganti sebagai PELENGKAP TOK" Lalu buat apa anda kuliah kalau hanya sebagai pelengkap tok. Banyak yang nyinyir bahwa profesi perawat sebaiknya bekerja atau menjalankan tugas hanya sebatas atau sesuai tupoksinya, hadeeuh ini pemikiran jadul. Ilmu keperawatan bro jika tidak ditunjang dangan skill serta pengetahuan medis ya tidak ada giginya alias ompong. Please sadarlah, come on awake up brosis......


Kalau seorang perawat hanya bisa menjalankan order dokter saja tanpa bisa memberikan klarifikasi atau pendapat yang perlu demi kebaikan pasien, sama saja kita sebagai robot atau pembantu dokter. Seperti halnya dengan EKG(elektrokardiografi), anda cuma bisa melakukan perekaman EKG setelah itu menyerahkan ke dokter dan menjalankan apa yang diinstruksikan oleh dokter, padahal intruksi yang diberikan oleh dokter tidak selamanya tepat. Jadi kita sebagai partner atau mitra dengan dokter   (bukan pembantu dokter) harus bisa mengklarifikasi instruksi dokter tersebut. Bagaimana bila anda tidak menguasai basic EKG, sementara dokter tidak memberikan terapi untuk MI (miokardiac Infark) padahal jelas sekali gambaran EKG menunjukan adanya MI. Ingat! anda sudah mendeklarasikan diri sebagai tenaga perawat yang profesional. Buktikan dong.......Jangan berhenti membaca di sisni

Melalui blog ini,Insya allah saya akan memberikan pembelajaran EKG secara sederhana dan sistematis, dengan bahasa yang sederhana serta mudah dicerna oleh rekan-rekan perawat sehingga bisa mengarahkan anda untuk menjadi interpreter EKG yang baik.



2. Pengertian EKG (elektrokardiografi)


Anda boleh menyebutkan kepanjangan EKG/ECG tersebut dengan "elektrokardiografi" atau "elekrokardiogram" karena grafik yang tercatat atau terekam oleh mesin EKG dinamakan Elektrokardiogram, sedangkan ilmu yang mempelajari EKG dinamakan Elektrokardiografi. Kalau saya uraikan arti dari kata elektrokardiografi/elektrokardiogram adalah elektro=listrik, kardio = jantung, grafi/gram = grafik. Jadi pengertian EKG secara lengkap adalah rekaman aktivitas listrik jantung atau bioelektrikal pada jantung yang digambarkan dengan sebuah grafik EKG atau dengan kata lain grafik EKG menggambarkan rekaman aktifitas listrik jantung. Terkait kata EKG vs ECG keduanya hanya kebiasaan mengucapakan saja yaitu untuk orang-orang Amerika biasanya menggunakan kata EKG sedangkan ornag Eropa menggunakan kata ECG.  Masih bingung, mangkanya buat pelatihan EKG di tempat anda.

Bagaimana cara merekam aktivitas listrik jantung? Yaitu dengan menempatkan sandapan-sandapan berupa elektroda yang di tempatkan dipermukaan tubuh, dimana elektroda-elektroda tersebut merekam aktivitas listrik jantung dari sudut yang berbeda, sehingga gambaran EKG yang terekam ditiap lead akan berbeda karena tergantung dari arah aksis jantung si pasien. (baca aksis jantung)

EKG (elektrokardiografi) merupakan salah satu bentuk pemeriksaan laboratorium yang membantu dalam menegakkan suatu diagnosa, khususnya penyakit jantung. Ingat! Gambaran klinis pasien adalah nomor satu yang harus dipikirkan dalam menegakkan diagnosa penyakit jantung. Karena dilapangan seringkali ditemukan pasien dengan gambaran EKG abnormal tapi secara klinis jantung pasien normal. Begitu sebaliknya, gambaran EKG normal tapi secara klinis pasien mengalami gangguan pada jantung.  

Jadi obati pasien, bukan EKGnya ! Banyak baca di sini!!



EKG sangat bermanfaat sekali dalam mengidentifikasi :

1. Mengidentifikasi Aritmia or dysritmia (aritmia = dysritmia)
2. Mengidentifikasi Ganguan sirkulasi koroner
3. Mengidentifikasi perubahan otot jantung seperti Hypertrophy Otot jantung ( untuk otot ventrikel), enlargementotot jantung (untuk otot atrium)

4. Mengidentifikasi gangguan metabolik
5. Mengidentifikasi Efek obat-obatan, seperti beta bloker, digoxin dll.

6. Mengidentifikasi alat pacu jantung
8. Dan lain-lain



Mari Jangan Biarkan Mahasiswa Kesehatan Khususnya:
" Keperawatan"
" Kedokteran "
" Kebidanan" 
Buta Baca EKG 

Berapa biayanya untuk bisa "LEARNING  EKG from Zero" bersama Abu Nazmah?
HANYA 4.5jt/30 peserta  atau 150rb/peserta

More detail :
Segera Hubungi saya via WA 088222239068 or Direct Calling 081312539326

9 comments:

  1. wuah.....abang maksih banyak ya,blognya sangat bermamfa'at sekali.

    aku jad memahami apa itu EKG.

    ReplyDelete
  2. udah baca 4-5 kali belum nyambung juga. dasar dah tua kali. he..he...

    ReplyDelete
  3. tolong dong semua contoh ekg yang ada di bikin hasil bacaannya.trim.

    ReplyDelete
  4. @ eko.....
    Contoh ekg yang mana nih?Jangan sungkan untuk bertanya, selagi saya online (FB or YM)

    ReplyDelete
  5. saya dah membeli dan membaca Buku "Cara Praktis dan Sistematis Belajar Mambaca EKG" sangat menambah ilmu tentang EKG... bacaannya mudah dimengerti

    ReplyDelete
  6. lupa dengan penentuan aksis...

    ReplyDelete
  7. maaf permisi tanya...penyakit jantung apa ya min yg dapat didiagnosa dengan menggunakan PPG (photopletysmograf??

    ReplyDelete
  8. Maaf, alangkah baiknya jika yang bertanya untuk menyebutkan nama, profesi, asal Instansi

    ReplyDelete